Pengalaman Mengajarkan Istri Stir / Mengendarai Mobil

Saya hendak berbagi pengalaman kepada sahabat semua, yang mungkin mengalami hal yang sama dengan saya, yakni mengajarkan istri (atau mungkin anak) mengendarai / stir mobil. Istri saya biasanya mengantar anak saya kesekolah menggunakan sepeda, dimana anak pertama dibonceng dibelakang, terus anak kedua duduk didepan (disetangnya sepeda saya modif sedikit dengan tambahkan tempat duduk untuk anak-anak yang dikaitkan di setang).

Hal ini berlangsung cukup lama. Kemudian saya beli motor lagi, kemudian motor yang lama dipakai istri untuk mengantar anak ke sekolah. Permasalahannya adalah anak kedua sering ngantuk / tidur saat naik motor, dan buat istri saya hal ini cukup merepotkan. Bila hujan, sudah pasti kehujanan. Yang saya khawatirkan adalah anak, karena takut ngantuk saat ada dimotor.

Akhirnya beli mobil second, motor yang baru saja dibeli akhirnya dijual kembali. Namun istri saya belum bisa stir mobil. Akhirnya kursus stir mobil mendadak yang ada diperumahan saya. Waktu kursus pertama kali, istri langsung duduk dijok pengemudi, dan langsung belajar. Kurang lebih 6 hari, akhirnya istri sudah bisa stir mobil, paduan antara gas dan kopling sudah cukup stabil. Namun karena tidak terbiasa, istri kurang yakin (PD) bila membawa mobil sendiri ke jalan-jalan diperumahan, apalagi mengantar anak kesekolah yang jalan-jalannya cukup sempit, dan juga banyak anak-anak.

Akhirnya setelah waktu kursus selesai, saya inisiatif sendiri, sepulang kerja saya harus mengajarkan istri stir mobil. Langkah pertama, saya buatkan stiker, saya print pakai kertas foto, lalu saya laminating. Stikernya adalah sbb:

Stiker saya tempel di kaca belakang mobil pakai double tip. Kemudian saya siapkan beberapa metode latihan yang mana bila latihan pada metode sebelumnya belum berhasil, maka tidak boleh berpindah ke metode berikutnya. Persis seperti metode mengaji IQRO yang bila belum lulus IQRO 1 maka tidak boleh melanjutkan ke IQRO 2.

Metode latihan yang saya gunakan adalah sbb:

Latihan 1 – Merayap halus dijalan yang rata

  • Jalankan mobil kedepan di gigi 1 dengan jalan merayap dan halus, lalu rem dengan halus.
  • Jalankan mobil mundur dengan jalan merayap dan halus, lalu rem dengan halus.

Latihan 2 – Merayap halus dijalanan rata yang ada polisi tidur

  • Jalankan mobil kedepan di gigi 1 dengan jalan merayap dan halus, lalu rem dengan halus.
  • Jalankan mobil mundur dengan jalan merayap dan halus, lalu rem dengan halus.

Latihan 3 – Merayap halus dijalanan tanjakan yang ada polisi tidur

  • Jalankan mobil kedepan di gigi 1 dengan jalan merayap dan halus, lalu rem dengan halus.
  • Jalankan mobil mundur dengan jalan merayap dan halus, lalu rem dengan halus.

Latihan 4 – Belok

Sebelum latihan, harap pasang antena/bambu kecil di ujung kanan dan kiri didekat lampu depan mobil, tempel pakai isolasi.

  • Latihan belok di bundaran blok M dengan merayap halus (lampu sein menyala)
  • Latihan belok di bundaran Indo Maret depan BTR dengan merayap halus (lampu sein menyala)
  • Latihan belok di Bigeq (lampu sein menyala)
  • Latihan belok dibelokan ke rumah yg ada tanjakan (lampu sein menyala)
  • Latihan belok di blok H (lampu sein menyala)

Latihan 5 – Pindah gigi dengan halus

  • Pindah gigi dari 1 ke 2 dengan halus
  • Jalankan mobil dengan halus di gigi 2
  • Latihan di BTR 2 (bila ada belokan, lampu sein menyala)

Latihan 6 – Rem mendadak tanpa mesin mati

  • Lakukan rem mendadak saat gigi 1, namun mesin tidak boleh mati.
  • Lakukan rem mendadak saat gigi 2, namun mesin tidak boleh mati. Lalu langsung pindah ke gigi 1.

Latihan 7 – Parkir (Gunakan rem tangan saat berhenti total, gigi ke 0/netral)

  • Parkir dengan maju didepan rumah
  • Parkir dengan mundur didepan rumah
  • Parkir dengan maju di Bigeq
  • Parkir dengan mundur di Bigeq
  • Parkir dengan maju di Indo Maret
  • Parkir dengan mundur di Indo Maret

Latihan 8 – Isi Bensin ke Pom Bensin

  • Ke Pom Bensin dengan gigi 3
  • Belok dengan gigi 2 bila sambil maju pelan-pelan, atau gigi 1 bila berhenti dulu
  • Parkir dengan maju secara merayap dan halus kedepan pom bensin

Alhamdulillah, akhirnya istri sekarang sudah bisa mengendarai / stir mobil cukup lancar. Sudah bisa parkir sendiri di rumah dan juga di sekolah anak saya, sudah bisa mundur, belok di jalan blok-blok di area perumahan. Demikian sharing tips stir mobil dari saya ini, semoga bermanfaat untuk sahabat semua.

Keterangan :

  • Blok M = Nama salah satu blok diperumahan saya, didepannya ada jalan bundar tempat para pengendara untuk memutar balik kendaraannya.
  • Bigeq = Bina Generasi Qurani (nama sekolah anak saya).
  • Blok H = Nama blok tempat saya tinggal sekarang.
  • Indo Maret = Nama salah satu mini market di perumahan saya.
  • BTR = Bekasi Timur Regensi, nama perumahan yang saya tinggal sekarang.
Tentang Sofyan Efendi

Salah seorang hamba Allah yang sangat membutuhkan cahaya-Nya, karunia-Nya, petunjuk-Nya, ampunan-Nya dan rahmat-Nya.
Tulisan ini dipublikasikan di Keluarga. Tandai permalink.

22 Balasan ke Pengalaman Mengajarkan Istri Stir / Mengendarai Mobil

  1. mr jmz berkata:

    Wah tips yg sangat berguna,kebetulan saya bekerja dipelayaran dan ingin bisa setir mobil tujuannya sama demi keamanan juga kenyamanan untuk anak anak, terima kasih.

    • Sofyan Efendi berkata:

      Alhamdulillah, saya ikut mendukung ya, berdoa dan jangan lupa tanamkan keberanian saat belajar nanti. Karena diawal pembelajaran adalah munculnya rasa tegang yang cukup besar saat menginjak pedal gas.

  2. agp berkata:

    Terima kasih infonya….
    Ini saya juga lagi ngajarin istri bawa mobil…. Tapi saya bingung, tempatnya yang enak dimana ya ? Kalo yang enak tuh yang lapangan luaaaasss…. Kalo di jalan ramai sekali….. Saya tinggal di dekat galaxy, bekasi

    • Sofyan Efendi berkata:

      Ya Pa, tetap semangat melatih ya Pa, seneng banget lho Pa bila kita mengajar seseorang yang tadinya tidak bisa, lalu menjadi bisa, ada perasaan bahagia.

Tinggalkan Balasan

