Field Properties Dalam Table Microsoft Access

Didalam Table Microsoft Access, terdapat dua properties Field yang dapat disetting, yakni General Field Properties dan Lookup Field Properties. Marilah kita pelajari masing-masing properties tsb.

General Field Properties

Untuk General Field Properties, dibagi kembali menjadi 14 properties sebagai berikut:

1. Field Size, yaitu properties untuk menentukan jumlah ukuran karakter maksimal suatu field.

2. Format, yaitu properties untuk menentukan tampilan data untuk data type jenis Date/Time, Number, Currency dan AutoNumber. Misal untuk data type jenis Date/Time, Anda bisa menggunakan format yang sudah disediakan oleh Access seperti pada gambar berikut:

Selain menggunakan format pilihan yang disediakan Access, kita bisa juga membuat format buatan sendiri (custom) untuk data type Date/Time, yaitu:

· Jika ingin seperti Thusday 01-Jan-04, maka formatnya adalah dddd dd-mmm-yy

· Jika ingin seperti 1-January-2004, maka formatnya adalah d-mmmm-yyyy

· Jika ingin seperti Thu 01-01-04, maka formatnya adalah ddd dd-mm-yy

· Jika ingin seperti 11:00:59 AM, maka formatnya adalah hh:nn:ss AM/PM

· Jika ingin seperti 11:00:59, maka formatnya adalah hh:nn:ss

· Atau bahkan Anda bisa menggabungkan format tanggal dan waktu, seperti untuk menampilkan Thu 01-01-04 / 11:00:59 AM formatnya adalah ddd dd-mm-yy / hh:nn:ss AM/PM

Bila ingin berbahasa Indonesia, maka regional setting Windows nya harus diubah ke Bahasa Indonesia, jangan English.

 

Adapun untuk data type Number, Currency dan AutoNumber Anda bisa menggunakan format yang sudah disediakan oleh Access seperti pada gambar berikut:

Kita bisa juga membuat format buatan sendiri (custom) untuk data type Number, Currency dan AutoNumber, yaitu:

· Jika ingin seperti 1,200.56, maka formatnya adalah #,###.##

· Jika ingin angka 21 terlihat menjadi 0021, maka formatnya 0000

· Jika ingin menambahkan symbol mata uang selain yang disediakan Access, misalnya Yen (¥) seperti ¥1,200.56, maka formatnya adalah ¥#,###.##

3. Input Mask, yaitu properties yang digunakan untuk mengatur dan mempermudah format penulisan saat cursor masuk ke field yang bersangkutan. Dengan menggunakan input mask, maka lebar dan format masing-masing kata sudah ditentukan sehingga kita tidak dapat menginput data sembarangan. Contoh:

Input Mask

Contoh Nilai

(000) 000-0000

(206) 555-0248

(999) 999-9999

(206) 555-0248

(000) AAA-AAAA

( ) 555-0248

(206) 555-TELE

#999

–20

2000

>L????L?000L0

GREENGR339M3

MAY R 452B7

>L0L 0L0

T2F 8M4

00000-9999

98115-

98115-3007

>L<??????????????

Maryam

SSN 000-00-0000

SSN 555-55-5555

Password

*****

>LL00000-0000

DB51392-0493

 
 

Bagi Anda yang belum hafal kode input mask tidak perlu khawatir, karena Access menyediakan wizard untuk pembuatannya, dan dengan wizard ini Anda dapat memilih dan memodifikasi secara cepat beberapa jenis input mask yang sudah disediakan Access.

4. Caption, yaitu properties yang digunakan untuk membuat judul kolom saat table dibuka dalam mode datasheet view serta saat pembuatan label otomatis pada suatu field dalam form dan report. Contoh, jika pada design table kita menggunakan nama field “Name”, namun pada Caption kita isi “Nama Karyawan”, maka yang akan tampil pada mode datasheet view adalah “Nama Karyawan”. Namun jika caption ini kita kosongkan, maka yang akan muncul adalah “Name”. Caption tidak ada hubungannya dengan nama field, oleh karena itu walaupun caption dirubah-rubah, nama field tetap tidak akan berubah.

5. Default Value, yaitu properties yang digunakan untuk menentukan nilai awal sebelum kita menginput atau merubah nilai pada field yang bersangkutan. Contoh, jika field yang hendak diisi nilai default value ini mempunyai data type Date/Time, maka kita bisa mengisi default valuenya dengan fungsi Date() sehingga kita tidak perlu menginput tanggal hari ini ketika menginput data.

6. Validation Rule, yaitu properties yang digunakan untuk memproteksi nilai didalam field yang bersangkutan agar hanya dapat diisi dengan nilai tertentu sesuai yang kita inginkan. Contoh, jika field yang hendak disetting ini mempunyai data type Number, kemudian kita isi default value ini dengan fungsi : Between 1 And 10, maka jika kita input nilai yang lebih kecil dari 1 atau yang lebih besar dari 10, Access akan langsung menampilkan pesan error, dan kita tidak dapat berpindah ke field yang lain sebelum kesalahan ini diperbaiki.

7. Validation Text, yaitu properties yang digunakan untuk menampilkan pesan error buatan sendiri ketika data yang diinput tidak memenuhi nilai validasi yang telah disetting pada properties Validation Rule (langkah no.6).

8. Required, yaitu properties yang digunakan untuk menjaga agar field ini selalu terisi (tidak boleh dikosongkan).

9. Allow Zero Length, yaitu properties yang digunakan untuk mengijinkan spasi kosong pada akhir kata pada kalimat yang terakhir.

10. Indexed, yaitu properties yang digunakan untuk membuat index pada field yang bersangkutan. Index ini berfungsi untuk mempercepat akses pencarian data. Index dibagi menjadi 2 macam, yaitu index yang boleh duplikat dan index yang tidak boleh duplikat.

11. Unicode Compression, yaitu properties yang digunakan untuk memperkecil ruang penyimpanan data seminimal mungkin.

12. IME Mode, yaitu properties yang digunakan untuk mengganti system keyboard ke model Kanji seperti yang banyak digunakan pada huruf Jepang.

13. IME Sentence Mode, yaitu properties yang digunakan untuk mengganti mode IME apakah sebagai mode Normal, Plural, Speaking, dan No Conversion (None). Mode Normal digunakan pada field dengan teks huruf Jepang. Mode Plural digunakan untuk membuat teks seperti nama dan alamat. Mode Speaking digunakan untuk data yang didalamnya terkandung bahasa percakapan (conversation).

14. Smart Tags, yaitu properties yang digunakan untuk menambahkan shortcut atau menu tertentu pada saat field ini dipilih, seperti membuat schedule meeting, membuka dan membuat calendar, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan Microsoft Outlook.

Lookup Field Properties

Lookup Field Properties merupakan properties tambahan untuk data type khusus jenis Text dan Number. Dengan lookup, kita bisa menghubungkan field yang bersangkutan dengan field pada table lainnya. Terdapat tiga pilihan Display Control untuk membuat lookup, yaitu:

1. Text Box, mode ini adalah mode default, artinya field ini tidak terdapat lookup.

2. List Box, mode ini merupakan lookup dengan daftar pilihan berbentuk List Box.

3. Combo Box, mode ini merupakan lookup dengan daftar pilihan berbentuk Combo Box.

Bagi Anda yang ingin membuat lookup secara cepat dan mudah, bisa menggunakan Lookup Wizard yang sudah disediakan Access ini. Harap hati-hati, setiap kita menggunakan fasilitas ini, maka relationship-nya akan langsung terbentuk. Oleh karena itu, saya sendiri jarang menggunakan fasilitas ini bila memang antara field yang satu dengan field lainnya tidak terdapat relationship. Bila perlu, kita bisa saja menggunakan fasilitas ini, kemudian kita bisa menghapus secara manual relationship ini.

About these ads

Tentang Sofyan Efendi

Salah seorang hamba Allah yang sangat membutuhkan cahaya-Nya, karunia-Nya, petunjuk-Nya, ampunan-Nya dan rahmat-Nya.
Tulisan ini dipublikasikan di Ms Access - Table. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Field Properties Dalam Table Microsoft Access

  1. tkjcorner berkata:

    ijin nyimak mas.. :-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s